Selamat Hari Raya

Setelah dilakukan sidang isbat dan rukyah di sejumlah titik oleh Kementerian Agama, Menteri Agama RI memutuskan 1 Syawal jatuh pada Rabu, 5 Juni 2019. Karena tidak ada satu pun yang melihat hilal, maka puasa digenapkan 30 hari.

Tahun ini beberapa komunitas umat Islam di Indonesia sama-sama merayakan hari raya Idul Fitri pada 5 Juni. Muhammadiyah jauh-jauh hari dengan menggunakan metode hisab telah menentukan 1 Syawal jatuh pada 5 Juni. Dengan demikian pada tahun ini tidak ada perbedaan antara NU dan Muhammadiyah dalam penetapan 1 Syawal.

Namun begitu, beberapa kelompok tarikat di Indonesia justru telah merayakan Idul Fitri lebih awal menurut perhitungan mereka sendiri. Di Aceh, khususnya di Nagan Raya, para pengikut Habib Muda Seunagan sudah merayakan Idul Fitri kemarin.

Di Bireuen, meskipun para pengikut Abu Tumin berbeda dalam penentuan 1 Ramadan, namun menurut informasi, mereka juga akan merayakan Idul Fitri pada 5 Juni besok.

Sementara itu di Saudi Arabiya sesuai dengan rukyah yang dilakukan oleh otoritas kerajaan menetapkan 1 Syawal pada hari ini. Satu hari lebih awal dari Indonesia. Berbeda dengan Indonesia, di Arab Saudi tidak ada perbedaan dalam penentuan Ramadan dan Syawal sebab hal tersebut menjadi kewenangan pemerintah.

Post a Comment

0 Comments